Unwahas Gandeng IACPE Menuju World Class University

Universitas Wahid Hasyim Semarang beberapa waktu yang lalu telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan International Association of Certified Practicing Engineers (IACPE). IACPE merupakan salah satu lembaga sertifikasi insinyur yang berkantor pusat di Malaysia. Presiden IACPE Karl Kolmetz hadir pada kesempatan itu dengan didampingi oleh tim IACPE Indonesia. Sedangkan dari Unwahas, hadir Rektor Unwahas, Dr. Mudzakkir Ali, MA bersama Dekan Fakultas Teknik Rita Dwi Ratnani, M.Eng. Selain MoU, IACPE juga menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dekan FT.

Dalam sambutannya, Rektor mengapresiasi adanya kerjasama ini. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan Unwahas, khususnya lulusan dari Fakultas Teknik. Sesuai dengan visi Unwahas menjadi World Class University, kerjasama internasional semacam ini harus terus ditingkatkan. Kerjasama ini diharapkan memberi manfaat baik untuk institusi dan khususnya bagi calon lulusan,” tutur Rektor. Melalui kerjasama ini diharapkan calon lulusan Fakultas Teknik mempunyai kompetensi keahlian yang terstandar secara internasional sehingga dapat memudahkan akses lulusan ketika mencari pekerjaan, khususnya pekerjaan di bidang engineering,” ungkap Dr. Mudzakkir Ali (16/11).

Melalui penandatanganan MoU dan MoA ini, Fakultas Teknik merekomendasikan calon lulusannya untuk lulus CPE Level 1, demikian menurut Dekan FT Rita Dwi Ratnani, M.Eng. CPE level 1 terdiri dari 6 modul yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Di awal proses, keenam modul akan diberikan untuk dipelajari oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat mempelajari modul tersebut secara mandiri. Ketika sudah siap, maka mahasiswa akan mengikuti serangkaian test dan apabila lolos maka akan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat CPE level 1. Ketika disinggung mengenai isi materi ke-enam modul yang diberikan, Kajur Teknik Mesin dan Teknik Kimia Unwahas menyatakan bahwa secara prinsip, isi modul-modul tersebut sejalan dengan kurikulum yang diterapkan di Jurusan Teknik Mesin maupun Teknik Kimia.

Dengan kerjasama ini pula, maka pihak IACPE secara kontinyu akan menyelenggarakan seminar di Unwahas. Dekan FT lebih lanjut menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan seminar tentang Career Guideline dengan pembicara Presiden IACPE. Beberapa waktu sebelum ini, pihak IACPE juga telah menyelenggarakan seminar tentang Introduction of Refinery dengan pembicara William B Lotz. Seminar-seminar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, tidak hanya menambah wawasan mahasiswa tentang ilmu akademis, namun juga memberi informasi apa saja persiapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja, pungkasnya. (LK)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini