UNWAHAS berupaya merealisasikan SDGs melalui penguatan UMKM

Semarang – Jum’at (19/11) dilaksanakan serah terima alat pengupas bawang merah kepada UMKM “Brambang Goreng Ibu Suwarti” di Desa Beringin, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan tim pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan sejak bulan Agustus.

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) melalui program pengabdian kepada masyarakat menyelenggarakan kegiatan penguatan usaha bawang merah goreng purwodadi melalui implementasi alat pengupas bawang merah dan pendampingan izin PIRT yang dilaksanakan sejak bulan agustus hingga november. Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Gilar Annanto, Dosen Fakultas Teknik Unwahas, dilaksanakan di lokasi UMKM “Brambang Goreng Ibu Suwarti” yang beralamat di desa Beringin, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dari hasil kunjungan yang pernah tim lakukan ke UMKM “Brambang Goreng Ibu Suwarti”, diketahui bahwa dalam proses produksi masih sepenuhnya tanpa mesin sehingga kemampuan produksinya sangatlah terbatas. Disisi lain, produk yang dijual juga masih belum dilengkapi dengan izin PIRT sehingga membuat area penjualan hanya terbatas di toko – toko kecil saja. Berangkat dari permasalahan ini, tim pengabdian yang didukung oleh LP2M Universitas Wahid Hasyim merancang sebuah mesin pengupas bawang merah dan mengimplementasikan mesin tersebut secara langsung di lokasi UMKM. Selain itu, UMKM juga diberikan arahan serta pendampingan dalam pengajuan izin PIRT.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mitra dalam meningkatkan kualitas serta kapasitas produksinya. Selain itu, kegiatan ini juga selaras dengan agenda pemerintah dalam upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs). Karena perlu diketahui bahwa UMKM merupakan salah satu sektor yang strategis dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini