Unwahas Kukuhkan Guru Besar Bidang Teknik Mesin, Terapkan Spiritualisasi Ilmu Pengetahuan Modern

Semarang – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menambah Guru Besar pada Fakultas Teknik yang telah dikukuhkan pada Sabtu (17/2) pagi. Kegiatan tersebut mengukuhkan Prof. Dr. Helmy Purwanto, ST., MT., IPM sebagai Guru Besar bidang Teknik Mesin. Ketua Umum Yayasan Wahid Hasyim Semarang (YWHS) yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua I YWHS Prof. H. Abu Hapsin Umar, MA, Ph.D menyebut jika Prof. Helmy telah memberikan contoh bentuk spiritualisasi ilmu yang baik “maka sekali lagi apa yang telah dilakukan oleh Prof Helmy ini merupalan salah satu bentuk dari spiritualisasi ilmu-ilmu pengetahuan modern” ungkapnya.

Pengukuhan yang dilaksanakan di aula Fakultas Farmasi Kampus II Unwahas tersebut dihadiri oleh Senat Universitas, Guru Besar Undangan, perwakilan LLDIKTI Wilayah VI, serta seluruh kolega Guru Besar yang dikukuhkan. Rektor Unwahas selaku Ketua Senat Prof. Dr. KH. Mudzakkir Ali, MA dalam sambutanya menyampaikan bahwa, pengukuhan Guru Besar dalam kesempatan ini merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi seluruh Civitas Academica Unwahas “hari ini kami melaksanakan acara sidang Senat Akademik dengan pengukuhan Guru Besar, kami bersyukur dan berharap agar Dosen lain di lingkungan Unwahas dapat termotivasi untuk terus meningkatkan gelar akademiknya” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Prof Helmy sebagai Guru Besar yang dikukuhkan mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul Pengembangan Material Tahan Balistik untuk Kemandirian Bangsa dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan. Beliau menyampaikan jika baja telah tertuang dalam Al Quran dimana baja merupakan material yang kuat dan dapat dikuatkan melalui pemanasan “baja digunakan sebagai bahan untuk melindungi diri dari ancaman musuh, dalam ilmu meltalurgi modern, baja masih digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan bahan tahan balistik” jelasnya. Ia menambahkan jika dinamika geopolitik dan komplektitas ancama keamanan bangsa Indonesia menjadi salah satu dasar ilmu yang Ia pelajari “ancaman pertahanan keamanan bangsa Indonesia menjadi satu hal yang penting karena kita dikelilingi negara maju dan negara yang sedang berkonflik baik secara politik maupun secara ekonomi. Juga karena letak Indonesia yang strategis dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Prof Helmy mengucapkan syukur dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berjasa dalam mendapatkan gelar kehormatan Guru Besar, beliau berharap dapat selalu memberikan sumbangsih dalam peningkatan pendidikan terkhusus pada keilmuan yang Ia getekuni. (Humas/Unwahas)

***berita ini telah terbit di laman Unwahas Kukuhkan Guru Besar Bidang Teknik Mesin, Terapkan Spiritualisasi Ilmu Pengetahuan Modern – LLDIKTI (kemdikbud.go.id) ***

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini