Teknik Unwahas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampus : Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang 50236 Telp. +62 24 8505680 ext. 160, 161 Fax. +62 24 8505681 e-Mail : teknik@unwahas.ac.id

 

DELEGASI MAHASISWA TEKNIK KIMIA PADA KOMPETISI ON MIPA 2019 (OLIMPIADE MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM) TINGKAT NASIONAL

E-mail Print PDF

Bagi Jurusan Teknik kimia Universitas Wahid Hasyim semarang, tahun 2019 merupakan tahun prestasi yang membanggakan, karena pada tahun ini, salah satu mahasiswanya yang bernama Taufikkurohman Setiaji berhasil lolos ke Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) di Makassar.

ON MIPA TINGKAT NASIONAL merupakan kegiatan bergengsi yang diikuti oleh 256 mahasiswa dari seluruh Indonesia dengan bidang studi yang dilombakan adalah Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Pada tahun ini setiap bidang studi diikuti oleh 64 finalis. Seluruh peserta yang ikut pada kegiatan ini merupakan peserta yang lolos seleksi dari tingkat Perguruan Tinggi (PT) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Keikutsertaan Unwahas pada ajang ON MIPA tingkat Nasional tahun ini merupakan yang pertama kalinya dan hal ini tentu saja sangat membanggakan bagi kampus, karena Unwahas merupakan satu – satunya Universitas dibawah naungan Nadhatul Ulama (NU) yang mampu lolos pada ajang tersebut.  Hal ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa Unwahas merupakan Universitas yang mampu bersaing dengan Universitas lainnya. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Unwahas, Indah Riwayati, M.T. “Mampu lolos pada ajang ON MIPA tingkat Nasional merupakan prestasi yang sangat luar biasa dan kami berharap akan ada banyak mahasiswa khususnya mahasiswa teknik kimia Unwahas terpacu untuk mengukir prestasi serupa,” kata Indah. Mahasiswa yang menjadi delegasi kegiatan ini juga mengungkapkan kebanggaannya karena dapat menjadi perwakilan dari Unwahas diajang tersebut, “Saya bangga bisa membawa nama almamater ke jenjang Nasional dan saya juga berharap pada tahun mendatang akan ada banyak lagi mahasiswa unwahas untuk ikut berpartisipasi dalam ajang – ajang bertaraf nasional baik ajang ON MIPA maupun ajang tingkat nasional lainnya, “kata Aji.

Tujuan kegiatan ON MIPA adalah untuk meningkatkan prestasi akademik, wawasan dan minat masyarakat terhadap bidang MIPA. Kegiatan ON MIPA merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tahun ini dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 29 April 2019 dan Universitas Muslim Indonesia Makassar mendapat kesempatan menjadi panitia penyelenggara. Kompetisi ON MIPA dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Prof. Dr. Ismunandar. Dalam pidato pembukaannya, Prof. Dr. Ismunandar menjelaskan bahwa Dijen Belmawa mempunyai tiga (3) program penting, yaitu peningkatan kualitas mahasiswa, relevansi pendidikan dengan perubahan zaman saat ini pada era revolusi industry 4.0 serta peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi. Selain itu beliau juga berharap pada tahun mendatang kualitas mahasiswa lebih meningkat daripada tahun ini.