Teknik Unwahas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampus : Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang 50236 Telp. +62 24 8505680 ext. 160, 161 Fax. +62 24 8505681 e-Mail : teknik@unwahas.ac.id

 

PENGIRIMAN DELEGASI FAKULTAS TEKNIK KE TIONGKOK DALAM KEGIATAN “SEMINAR ON BIOGAS INDUSTRY PROMOTION AND MANAGEMENT OF DEVELOPING COUNTRIES”

E-mail Print PDF

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim pada tahun ini mendapat kesempatan dari Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) di Surabaya untuk mengikuti “seminar on Biogas Industry Promotion and Management of Developing Countries”. Fakultas Teknik mengirimkan 2 orang dosen sebagai delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu Indah Riwayati, ST, MT dan Agung Nugroho, ST, MT.Kedua dosen tersebut merupakan dosen dari program studi Teknik Kimia dan program studi Teknik Mesin. Pengiriman delegasi ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi dosen dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga diharapkan pada saat selesai mengikuti kegiatan tersebut, dapat membagi dan menerapkan ilmu dan teknologi yang diperoleh kepada mahasiswa unwahas khususnya mahasiswa fakultas teknik.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Helmy Purwanto, ST, MT, menjelaskan  “Keikutsertaan dosen  Fakultas Teknik dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi selain itu juga dapat memperluas jaringan baik dengan institusi lain maupun perorangan. Jaringan yang luas akan membuka kesempatan untuk bekerja sama sehingga dapat menjadikan Unwahas khususnya Fakultas Teknik unggul dalam bidang teknologi dimasa mendatang. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Unwahas Indah Riwayati, ST., MT. yang juga merupakan salah satu delegasi dari prodi teknik kimia yang mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam seminar tersebut, “Kami sangat senang dan bangga dapat mengikuti seminar ini dan semoga ilmu yang kami dapatkan nantinya dapat bermanfaat bagi mahasiswa kami dan juga kemajuan Unwahas terutama Fakultas Teknik,” kata Indah.

“Seminar on Biogas Industry Promotion and Managemnet of Developing Countries” merupakan seminar yang diselenggarakan oleh Biogas Institute of Ministry of Agriculture (BIOMA).BIOMA  merupakan Institute Biogas yang didirikan oleh Kementerian Pertanian Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1979 dan berafiliasi dengan akademi Ilmu Pertanian Cina yang berlokasi di Cengdu, Shicuan. Saat ini BIOMA telah tumbuh menjadi lembaga penelitian profesional  yang fokus pada penelitian ilmiah,pelatihan – pelatihan dan proyek aplikasi dalam bidang biogas. BIOMA bertanggungjawab atas penelitian dasar dan terapan nasional yang relevan dengan energy terbarukan dan perlindungan lingkungan. BIOMA mempunyai 5 departemen meliputi Microbial Research Center, Biogas Engineering Research Center, Biomass Energy Technology Research Center, Quality Inspection and Test Center for Biogas Appliances and Facilities Ministry of Agriculture and Training and Information Research Center.

Peserta seminar yang diundang terdiri dari pejabat kementerian, peneliti dan dosen dari negara-negara berkembang di Asia dan Afrika. Kegiatan ini dimaksudkan untuk bertukar informasi dan pengetahuan dalam pengembangan teknologi Biogas. Seminar berlangsung selama 21 hari dari tanggal 24 mei sampai 13 Juni 2019. Selama kegiatan berlangsung, peserta bukan hanya akan mendapat materi tentang teknologi biogas, tetapi juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat yang merupakan pusat pengembangan teknologi biogas antara lain Dujiangyan, Deyang of Sichuan Province, Kunming, Shilin Yi Autonomous County of Kunming, Xundian County of Kunming of Yunnan Province, Beijing.