Teknik Unwahas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampus : Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang 50236 Telp. +62 24 8505680 ext. 160, 161 Fax. +62 24 8505681 e-Mail : teknik@unwahas.ac.id

 

Informatika Unwahas Peroleh Akreditasi Peringkat B

E-mail Print PDF

Akreditasi menjadi salah satu tolok ukur kinerja dan kepercayaan kepada suatu instistusi pendidikan tinggi. Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang terus berupaya untuk meraih predikat akreditasi terbaik dalam setiap program studi yang dimilikinya.

Melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), program studi S1 Teknik Informatika Unwahas telah terakreditasi B dengan surat keputusan nomor 4716/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020 tanggal 18 Agustus 2020.

“Alhamdulillah, Teknik Informatika Unwahas telah terakreditasi peringkat B oleh BAN-PT,” ungkap Agung Riyantomo M.Kom, Kepala program studi Teknik Informatika di Kampus 1 Unwahas Sampangan Sabtu (29/8).

Hasil ini diperoleh setelah prodi dilakukan asesmen lapangan secara daring atau online oleh asesor BAN-PT, Prof. Dr. rer.nat. Ahmad Beny Mutiara Qurban Nurdjaman, dan Dr. Yani Nurhadryani pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2020 beberapa saat yang lalu.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan raihan ini, prodi mengalami peningkatan peringkat dari sebelumnya yang terakreditasi peringkat C. Prodi Teknik Informatika merupakan program studi baru di lingkungan Unwahas.

Peningkatan peringkat ini menunjukkan kinerja institusi dalam mengelola program studi dan melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan baik.

Dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hampir semua kegiatan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi, begitu juga dengan pembelajaran. Karena belum diperbolehkannya pembelajaran tatap muka, maka Unwahas mengembangkan pembelajaran online. Di sinilah peran penting Prodi Teknik Informatika dalam pengembangan ini.

“Dengan peringkat akreditasi ini, kami terus berupaya mengembangkan pembelajaran online di masa pandemi ini dengan digitalisasi pembelajaran,” lanjut Riyantomo.

Di ruang terpisah, Dekan Fakultas Teknik Unwahas, Dr. Sri Mulyo Bondan Respati menyampaikan, Prodi Informatika akan terus dikembangkan dengan memperkuat sumber daya manusia serta sarana dan prasarana laboratorium. Laboratorium yang dimiliki akan digunakan dalam pengembangan dan penelitian sehingga hasilnya dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu Wakil Rektor Unwahas bidang akademik Dr. Helmy Purwanto menyambut baik hasil akreditasi ini. Unwahas dengan 21 program studi yang dimiliki, baik S1, S2, S3, maupun Program Profesi Dokter dan Profesi Apoteker terus didorong untuk meraih peringkat unggul atau terakreditasi A.

“Kami dorong program studi yang berperingkat B untuk meraih predikat A seperti yang telah diraih Program Magister Pendidikan Agama Islam,” jelas Helmy Purwanto.

Dengan peringkat akreditasi unggul Unwahas sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi terbaik di Jawa Tengah akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui pendidikan, pungkasnya. ***

*Foto proses visitasi tanggal 13-14 Agustus 2020 oleh BAN-PT