Teknik Unwahas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampus : Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang 50236 Telp. +62 24 8505680 ext. 160, 161 Fax. +62 24 8505681 e-Mail : teknik@unwahas.ac.id

 

Energi Terbarukan di Era Revolusi Industri 4.0

E-mail Print PDF

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim menggelar Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-11 tahun 2021. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan secara daring dengan aplikasi Zoom meeting untuk yang pertama kalinya. Dalam mengkonsolidasikan acara, panitia SNST; yang terdiri dari dosen, tendik, dan mahasiswa prodi Teknik Mesin, Informatika, dan Teknik Kimia; berkumpul di Gedung Dekanat lantai 6 Kampus Unwahas Sampangan.

SNST 11 ini juga dimeriahkan dengan adanya kerja sama antar institusi. FT Unwahas dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Kedua Dekan, Dr. Sri Mulyo Bondan Respati dan Haris Setyaningrum, M.Sc. menandatangani dokumen IA (Implementation Agreement). Dokumen kesepakatan yang memayungi pelaksanaan SNST 11 selaku Host dan Co-Host.

Kerja sama antara Universitas Wahid Hasyim dan Universitas Darussalam semakin terasa saat kedua pimpinan hadir dan memberikan sambutan. Rektor Unida Gontor, Prof. KH. Hamid Fahmi Zarkasyi menyatakan apresiasinya kepada kedua Dekan dan seluruh panitia atas pelaksanaan Seminar Nasional Sains dan Teknologi ini. Diharapkan setelah seminar, kedua belah pihak duduk bersama untuk mengembangkan temuan-temuan baru di bidang saintek. Kerja sama yang berkelanjutan dan menghasilkan oleh kedua perguruan tinggi islam ini semoga bisa memberi manfaat yang besar ke seluruh akademisi dan masyarakat.

Rektor Unwahas, Prof. Dr. H. Mudzakkir Ali, diwakilkan oleh Wakil Rektor 4 bidang Riset, Teknologi, Inovasi, dan Kerja Sama, turut hadir dan membuka acara. Dr. H. Helmy Purwanto, M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Unwahas dan Unida mempunyai tanggung jawab dan visi yang sama yaitu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan ajaran islam ahlus sunnah wal jamaah. Kegiatan tridarma perguruan tinggi dapat berjalan beriringan dan Iptek dapat berkembang dengan nilai-nilai islam di Indonesia.

Kegiatan SNST tahun ini mengangkat tema Energi Terbarukan dengan dua pembicara kunci yaitu Dr. Ahmad Fudholi dari Universitas Kebangsaan Malaysia dan Dr. Muhammad Nur Yuniarto dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Dr. Fudholi membawakan makalah berjudul Aplikasi IoT dalam Teknologi Pembangkit dan Pemanas Surya. Kemudian, Dr. Yuniarto menyampaikan konsep Kendaraan Listrik dan Energi Terbarukan sebagai solusi krisis energi dan pemanasan global. Beliau juga menunjukkan blueprint pengembangan teknologi kendaraan listrik yang menghasilkan motor GESITS dan mobil EzzyITS hasil riset tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan mitra industri.

Selain materi utama, dipresentasikan sejumlah 82 makalah dari berbagai universitas dan institusi di Indonesia. Para pemakalah dibagi menjadi 4 ruang kecil (breakout room) di dalam jaringan Zoom. Pada penyelenggaraan SNST kali ini juga dihadiri lebih kurang 300 peserta dengar yang mengikuti jalannya sesi seminar utama dan sesi konferensi ruang.