Teknik Unwahas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampus : Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang 50236 Telp. +62 24 8505680 ext. 160, 161 Fax. +62 24 8505681 e-Mail : teknik@unwahas.ac.id

 

UNWAHAS berupaya merealisasikan SDGs melalui penguatan UMKM

E-mail Print PDF

Semarang – Jum'at (19/11) dilaksanakan serah terima alat pengupas bawang merah kepada UMKM "Brambang Goreng Ibu Suwarti" di Desa Beringin, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan tim pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan sejak bulan Agustus.

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) melalui program pengabdian kepada masyarakat menyelenggarakan kegiatan penguatan usaha bawang merah goreng purwodadi melalui implementasi alat pengupas bawang merah dan pendampingan izin PIRT yang dilaksanakan sejak bulan agustus hingga november. Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Gilar Annanto, Dosen Fakultas Teknik Unwahas, dilaksanakan di lokasi UMKM “Brambang Goreng Ibu Suwarti” yang beralamat di desa Beringin, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dari hasil kunjungan yang pernah tim lakukan ke UMKM "Brambang Goreng Ibu Suwarti", diketahui bahwa dalam proses produksi masih sepenuhnya tanpa mesin sehingga kemampuan produksinya sangatlah terbatas. Disisi lain, produk yang dijual juga masih belum dilengkapi dengan izin PIRT sehingga membuat area penjualan hanya terbatas di toko - toko kecil saja. Berangkat dari permasalahan ini, tim pengabdian yang didukung oleh LP2M Universitas Wahid Hasyim merancang sebuah mesin pengupas bawang merah dan mengimplementasikan mesin tersebut secara langsung di lokasi UMKM. Selain itu, UMKM juga diberikan arahan serta pendampingan dalam pengajuan izin PIRT.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mitra dalam meningkatkan kualitas serta kapasitas produksinya. Selain itu, kegiatan ini juga selaras dengan agenda pemerintah dalam upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs). Karena perlu diketahui bahwa UMKM merupakan salah satu sektor yang strategis dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.