Teknik Unwahas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampus : Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang 50236 Telp. +62 24 8505680 ext. 160, 161 Fax. +62 24 8505681 e-Mail : teknik@unwahas.ac.id

 

Fasilitas dan Keunggulan

E-mail Print PDF

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Fasilitas Pendukung

a. Free Hot Spot Area

Disediakan access point dan anjungan computer untuk akses internet gratis bagi mahasiswa Fakultas Teknik

b. Perpustakaan Fakultas

Perpustakaan Fakultas Teknik memiliki koleksi terdiri dari buku fisik, buku digital terkait dengan buku buku keteknikan sesuai dengan kurikulum pada masing masing program studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Jurnal dan dokumen-dokumen fakultas. Pelayanan yang diberikan meliputi peminjaman buku dan akses internet.

c. Laboratorium Program Studi Teknik Mesin

Laboratorium Perancangan (meliputi : Laboratorium Gambar Teknik, Laboratorium Fisika, Laboratorium Pnumatik Hidroik dan Laboratorium Teknik Tenaga Listrik),  Laboratorium Proses Produksi (meliputi : Laboratorium Pengecoran, dan Laboratorium Produksi), Laboratorium Material (meliputi : Laboratorium Analisa dan Pengujian Bahan Teknik) dan Laboratorium Energi (meliputi : Laboratorium Fenomena Dasar Mesin dan Prestasi Mesin).

d. Laboratorium Program Studi Teknik Kimia

Laboratorium Teknik Kimia meliputi : Laboratorium Kimia Analisis, Laboratorium Kimia Organik, Laboratorium Kimia Fisika, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Proses, Laboratorium Operasi Teknik Kimia dan sedang dikembangkan Laboratorium Pengolahan Bahan Makanan dan Laboratorium Pengolahan Limbah.

e. Laboratorium Program Studi Teknik Informatika

Laboratorium Teknik Informatika yaitu Laboratorium Hardware, Laboratorium Jaringan, Laboratorium Multimedia dan Laboratorium Software.

 

Pusat-Pusat Pengembangan

Fakultas Teknik telah membuka pusat pengembangan yang fungsi utamanya menunjang peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diharapkan dapat membiayai aktivitasnya sendiri. Pusat-pusat pengembangan yang telah ada adalah :

a. Pusat Informasi dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PIP-TTG).

Lembaga ini menekankan pada pengembangan Teknologi Tepat Guna dan sosialisasi serta pemanfaatan bagi masyarakat. Lembaga ini merupakan lembaga lintas fakultas di lingkungan Universitas Wahid Hasyim.

b. Pusat Kajian Energi Terbarukan.

Pusat kajian ini berkedudukan di bawah fakultas sebagai sarana penelitian, pengembangan dan disemilasi ilmu pengetahuan terutama yang terkait dengan pemanfaatan hasil alam sebagai energi terbarukan.

c. Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M).

Tujuan dasar dari lembaga ini adalah untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkedudukan di tingkat universitas. Di tingkat Fakultas Teknik dibentuk koordinator penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

d. Pusat Penerbitan Ilmiah

Lembaga ini berperan dalam pengembangan ketrampilan penulisan karya ilmiah dari staf akademik. Berdasarkan peran tersebut kegiatan lembaga ini terutama menerbitkan jurnal ilmiah Fakultas Teknik “Momentum” dengan ISSN 0216 – 7395 terbit dua kali setahun yaitu April dan Oktober.

Keunggulan FT Unwahas :

1. Semua lulusan dibekali ketrampilan praktis komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, kewirausahaan dan soft skill.

2. Kurikulum dikembangkan berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan perkembangan teknologi.

3. Intregrasi antar program studi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4. Sistem belajar mengajar interaktif dan komunikatif.

5. Tenaga pengajar berkualifikasi minimal S2.