Pembekalan Calon Alumni FT Unwahas

Sabtu (23/4) Fakultas Teknik menyelenggarakan pembekalan bagi calon wisudawan di kampus Sampangan. Acara ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan alumni fakultas teknik tahun lalu. Kegiatan ini digagas untuk memberikan bekal kepada 21 calon wisudawan yang akan diwisuda awal Mei ini. Keduapuluh satu alumni tersebut terdiri dari Teknik Mesin 17 orang dan Teknik Kimia 4 orang. Sampai dengan saat ini alumni Teknik Mesin adalah 127 orang termasuk yang akan diwisuda.

Rita Dwi Ratnani, M.Eng Dekan FT dalam sambutannya mengatakan bahwa penguatan jaringan alumni sangat diperlukan untuk menyatukan pemikiran. “Dengan kuatnya jaringan alumni, diharapkan mampu menjembatani dan membekali mahasiswa dalam meningkatkan kemampuannya sehingga siap bersaing di dunia kerja,” tuturnya.

Acara ini dimulai dengan pembekalan calon alumni yang disampaikan oleh para alumni Fakultas Teknik yang telah sukses berkarir. Para pemateri tersebut adalah Edi Wahyuono, Budi Nurjaya, dan Aprianto. Dalam kesempatan ini calon alumni dibekali ilmu tentang etika bekerja, strategi interview dan tantangan kerja. Antusiasme peserta terlihat saat terjadi diskusi tentang keingintahuan akan dunia kerja di industri, tantangan akan MEA dan kualifikasi SDM di Perusahaan.

Penting bagi para insinyur muda untuk memiliki skill yang dibutuhkan bagi perusahaan. Hal ini harus ditunjang dengan integritas dan semangat pantang menyerah untuk bisa masuk dalam jajaran manjemen perusahaan. Terlebih di era digital saat ini lulusan perguruan tinggi harus memiliki digital skills, agile thinking serta interpersonal and communication skills. Disamping itu di dalam era global ini kemampuan berbahasa juga penting untuk menghadapi MEA.

Menurut Zaka Atho’ Illah Ketua Alumni FT dan yang juga mantan Ketua BEM Unwahas itu, pembekalan ini sangat penting bagi calon alumni. “Ada poin-poin penting yg disampaikan oleh pemateri, diantaranya adalah integritas merupakan modal utama dalam mencapai kesuksesan dalam bekerja, dan untuk mencapai sukses bisa dimulai dari hal yang paling kecil,” tutur alumni Teknik Kimia ini penuh semangat.

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan pelantikan dan penyerahan SK Kepengurusan alumni FT Unwahas periode 2016-2020. Struktur kepengurusan alumni terbagi dalam tiga divisi yaitu Pengembangan SDM, Teknologi Informasi, dan Pengembangan Usaha. Kesemua divisi itu akan bersinergi dalam menciptakan produk unggulan dari rekayasa mesin, jaringan, dan produk usaha lainnya.

Hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Dekan Laeli Kurniasari MT, Kajur Teknik Kimia Indah Riwayati MT, serta Kajur Teknik Mesin Darmanto, M.Eng, para alumni, mahasiswa tingkat akhir, serta BEM FT dan HMJ Mesin, Kimia, dan Informatika. (zaka)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini