TIM DOSEN UNWAHAS MEMPEROLEH PENDANAAN DIKTI UNTUK PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT TAHUN 2018

Tim dosen Unwahas pada tahun 2018 ini berhasil mendapatkan pendanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Kemneristekdikti untuk skim Program Kemitraan Masyarakat. Tim yang diketuai oleh Mustagfirin, S.Sn, M. Kom (Teknik Informatika) dan anggota Yance Anas, S. Farm, M. Sc (Farmasi) mengangkat tema tentang usaha batik Grobogan. Adapun mitra pada program PKM ini adalah KUB Flamboyan dan KUB Gatotkaca sebagai kelompok usaha bersama perajin batik Grobogan.

 

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh tim, diantaranya adalah penguatan usaha melalui pengembangan motif batik dan teknik desain batik, penguatan usaha melalui diversifikasi produk batik dengan pewarna alami, pembuatan desain instalasi pengolahan limbah dan penguatan usaha melalui perbaikan sistem administrasi dan keuangan. Menurut Mustagfirin selaku ketua tim, kegiatan dilaksanakan secara bertahap berdasarkan kesepakatan bersama antara tim dengan seluruh anggota KUB. Beberapa kegiatan diawali dengan pelatihan yang kemudian dilanjutkan dengan uji coba/praktek langsung oleh mitra. Seperti misalnya pada produksi batik dengan pewarna alami, maka ditahap awal tim mengenalkan secara singkat tentang batik pewarna alami berikut kelebihan-kelebihannya sehingga muncul keinginan mitra untuk bisa mengetahui cara produksi batik dengan pewarna alami. Tahap selanjutnya adalah pelatihan penggunaan pewarna alami pada produksi batik tulis, dan dilanjutkan dengan praktek langsung mitra untuk membuat batik dengan pewarna alami berdasarkan motif yang telah dibuat sebelumnya.

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,”sans-serif”; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} Untuk kegiatan desain instalasi pengolahan limbah, maka tim bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan untuk mengedukasi mitra terkait pentingnya pengolahan limbah cair batik sebelum dibuang ke lingkungan. Setelah penyuluhan, maka tim berkoordinasi dengan mitra dan juga berdiskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mendesain instalasi pengolahan limbah di lokasi produksi mitra. Seluruh kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam kurun waktu selama kurang lebih 8 bulan. Lebih lanjut tim pengabdian ini berharap agar apa yang telah dilakukan untuk mitra dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan usaha para perajin batik Grobogan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini