FT Unwahas Serahkan Alat Pengasapan Tungku Tertutup Kepada Kelompok Usaha “Sido Makmur” Kendal

Beberapa minggu lalu, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim menyerahkan hasil rancang bangun Teknologi Tepat Guna (TTG) yaitu berupa Alat Pengasapan Ikan tungku tertutup kepada Kelompok Usaha Pengasapan Ikan Sido Makmur di Desa Ketapang Kabupaten Kendal. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari pengabdian masyarakat dari program Iptek bagi Masyarakat (IbM) yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh kelompok usaha Sido Makmur dan masyarakat pengasap ikan pada umumnya adalah penggunaan tungku konvensional yang menimbulkan asap yang mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Penggunaan tungku konvensional juga menyebabkan produk memiliki tampilan yang kurang menarik. Guna mengatasi permasalah kelompok usaha Sido Makmur, Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Teknik yang diketuai oleh Indah Hartati, ST., MT (Teknik Kimia) dan beranggotakan Laeli Kurniasari, ST., MT (Teknik Kimia), Darmanto, ST., M.Eng ((Teknik Mesin) dan Hasan SE., M.Sc (Fakultas Ekonomi) meberikan solusi untuk memperbaiki proses produksi melalui aplikasi tungku pengasapan tertutup.

Tungku pengasapan tertutup terdiri dari tiga bagian utama yakni dapur, rak bertingkat dan cerobong asap. Dapur pada sistem pengoperasian sistem tertutup mengadopsi sistem pengasapan terbuka dimana bahan bakar yang digunakan adalah batok kelapa. Rak pengasapan pada tungku pengasapan tertutup memiliki kapasitas yang besar, mengingat rak pengasapan akan didesain memiliki 4 tingkat. Tungku pengasapan tertutup dilengkapi dengan cerobong asap. Dengan adanya cerobong asap, panas dan asap terpusat sehingga proses produksi lebih singkat dan produk memiliki warna yang lebih cerah dan menarik.

Tungku ini di rancang dan dipabrikasi di workshop Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang. Alat ini juga telah di uji coba oleh tim pengabdian dari Fakultas Teknik. Hasil uji coba alat tungku pengasapan menunjukkan bahwa alat dapat berfungsi dengan baik. Asap yang diharapkan sebagai media penghantar panas dapat digenerasi dengan baik oleh tungku pengasapan ikan. Ikan bandeng yang digunakan sebagai bahan uji coba dapat matang dengan baik setelah diasapi menggunakan tungku pengasapan tertutup. (IH)

 

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini