KKL di Kubota dan Tossa Kaca

Rabu (28/1) Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Kimia Unwahas mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di PT Kubota Indonesia dan PT Tossa Shakti Divisi Glass. Kunjungan ke industri ini bertujuan agar mahasiswa melihat secara langsung proses produksi di masing-masing industri.

“Mahasiswa dapat mengamati proses dan sekaligus menelaahnya berbekal ilmu yang didapat di perkuliahan,” ujar Ir. Suwardiyono, MT Dosen Teknik Kimia, saat memberikan sambutan yang diterima secara langsung oleh Ibu Respati bagian HRD Kubota. Sampai saat ini, produsen mesin diesel yang terletak di kawasan industri BSB Semarang ini telah menggunakan komponen lokal sekitar 80%. Selebihnya masih dipasok oleh Jepang seperti piston, ring piston serta connecting rod-nya, demikian penjelasannya. Kunjungan ini meliputi proses packing, pengecatan, perakitan, proses permesinan, serta pengolahan limbah.

Di Tossa divisi kaca, mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan yang dipandu oleh Bapak Siswo Wiyono. Kunjungan dimulai dari proses pembuatan kaca hingga proses packing. Perusahaan yang memiliki lahan 400 ha di daerah Kaliwungu Kendal ini mulai berproduksi sejak 2007 dengan kapasitas produksi 900 ton kaca per hari. Menurut Dosen Pembimbing Helmy Purwanto, ST, MT proses tanya jawab sangat perlu dilakukan oleh mahasiswa agar mendapatkan sebanyak mungkin informasi untuk menyusun laporan. “Kunjungan ini benar-benar memberikan ilmu yang bermanfaat bagi mahasiswa,” tutupnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini