UNWAHAS Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Kopi dan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Pemasaran

UNWAHAS menggelar pelatihan pengolahan limbah biji kopi dan pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran bersama dengan UPPKS “Sejahtera”, Ngareanak, Kendal.

Diketahui bahwa selama ini limbah kulit biji kopi dianggap tidak memiliki nilai ekonomis yang berarti, sehingga seringkali limbah kulit biji kopi akan berakhir di tempat pembakaran sampah ataupun hanya sekedar sebagai tambahan pakan ternak. Hal serupa juga terjadi di Dusun Patukan yang terletak di Kelurahan Ngareanak, Kabupaten Kendal dimana Dusun ini terkenal dengan komoditas biji kopi yang melimpah. Komoditas biji kopi yang melimpah ini tentunya beriringan dengan melimpahnya limbah kulit biji kopi. Dengan menggandeng UPPKS “Sejahtera” yang merupakan unit bisnis dalam pengolahan produk kopi di Dusun Patukan, tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Wahid Hasyim mengadakan dua pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2023 yang berlokasikan di kantor UPPKS “Sejahtera” Dusun Patukan.

Pelatihan pertama adalah pelatihan mengenai pemanfaatan limbah kulit biji kopi yang awalnya dianggap tidak memiliki nilai ekonomis, dirubah menjadi sebuah produk lulur. Pelatihan yang dipimpin oleh Ayu Sabrina, Dosen Farmasi Universitas Wahid Hasyim, membuka pandangan bahwa limbah kulit biji kopi  ternyata memiliki potensi ekonomi yang cukup menjanjikan, sehingga potensi ini dapat dimanfaatkan oleh UPPKS “Sejahtera” guna menambah ragam produk yang tersedia serta menambah warga yang dapat diberdayakan.

Guna melengkapi pelatihan yang pertama, tim juga memberikan pelatihan tentang bagaimana melakukan dan memanfaatkan perangkat digital untuk membantuk proses pemasaran. Pelatihan yang dipimpin oleh Fandy Indra Pratama, Dosen Teknik Informatika Universitas Wahid Hasyim, memiliki tujuan untuk membantu agar produk – produk yang diproduksi oleh warga Dusun Patukan melalui UPPKS “Sejahtera” dapat menembus pasar yang lebih luas.  

Kedua pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dari Universitas Wahid Hasyim yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristekdikti) melalui Program Kemitraan Masyarakat. Diharapkan dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat membantu warga Dusun Patukan khususnya yang dinaungi oleh UPPKS “Sejahtera” dalam meningkatkan kesejahteraan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini