Teknik Mesin Unwahas bergabung di BKS-TM

Jurusan Teknik Mesin Unwahas mulai awal Oktober ini tercatat secara resmi sebagai anggota tetap Badan Kerja Sama Teknik Mesin – Indonesia (BKS-TM) dengan nomer keanggotaan A.2010.02. Organisasi yang dibentuk pada saat pertemuan ketua jurusan / program studi / departemen Teknik Mesin perguruan tinggi se-Indonesia tanggal 29 Mei 2002 di Jurusan Teknik Mesin ITS ini, beranggotakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan teknik mesin atau yang sejenis. Sampai saat ini tercatat ada 41 anggota yang tergabung di dalamnya, termasuk Unwahas.

Tujuan pendirian BKS-TM diantaranya adalah menciptakan kondisi yang kondusif untuk meningkatkan kerja sama antar perguruan tinggi teknik mesin dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beberapa kegiatannya antara lain meliputi rapat kerja, musyawarah, pelatihan-pelatihan, lomba rancang bangun mesin, serta seminar nasional. Tahun ini disamping Musyawarah Kerja dan Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) XIII yang diselenggarakan di Universitas Indonesia Depok pada 14 -16 Oktober 2014, juga diadakan pelatihan bagi dosen. Lembaga ini menggelar training of trainer (ToT) software Autodesk Inventor yang ke-2 pada tanggal 7 – 9 Oktober di Institut Teknologi Sepuluh Nopember – ITS Surabaya. Menurut Sekretaris Jenderal BKS-TM Prof. Dr.-Ing Mulyadi Bur, pelatihan solid modeling tingkat advanced ini untuk mendukung mata kuliah menggambar mesin, elemen mesin, mekanika fluida, dan getaran mekanik. Pelatihan yang diajar langsung oleh certificated instructor dari Autodesk ini membahas stress analysis dan dynamic simulation.

Sementara itu menurut Kajur Teknik Mesin, Darmanto, M.Eng, partisipasi Unwahas di BKS-TM ini sebenarnya sudah terlihat sejak tahun 2009 saat raker dan SNTTM VIII di Undip. Unwahas sangat berkepentingan untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan di forum ini. “Tahun ini kami kirim dosen untuk mengikuti pelatihan di ITS serta Raker BKS-TM di UI,” tutur alumni S2 UGM ini. Hasil raker diharapkan akan dijadikan dasar pertimbangan untuk menyusun perubahan kurikulum Teknik Mesin Unwahas tahun 2015 mendatang. Sebagaimana diketahui, disamping Dikti Kemdikbud, BKS-TM adalah salah satu lembaga yang merumuskan kurikulum inti pendidikan teknik mesin di tanah air.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini